Notaris menurut hukum dan fungsinya

Notaris menurut hukum dan fungsinya

Notaris adalah pejabat umum yang memiliki wewenang dalam membuat akta otentik dan kewenangan lainnya sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang. Notaris diatur tentang ketentuan dan fungsinya di dalam undang undang Republik Indonesia no 30 tahun 2004 tentang jabatan notaris. 

Akta otentik yang dimaksud dalam wewenang notaris adalah sertifikasi baik perbuatan, perjanjian atau sertifikat ketetapan yang memerlukan adanya penetapan oleh perundang - undangan yang berlaku. Ini juga termasuk tentang legalitas dalam otentifikasi berkas yang bisa di gunakan sebagai jaminan kepemilikan sebagai produk Akte notaris seperti Akta Perusahaan atau Akta rumah.

Syarat diangkat Menjadi Notaris

Notaris bukanlah seseorang atau pejabat yang bisa diisi oleh sembarang orang namun sudah di atur melalui pasal 2 yaitu diangkat dan di berhentikan oleh menteri yaitu dari kemenkumhan. Adapun syarat untuk menjadi Notaris adalah :

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Berusia Minimal 27 tahun
  4. Sehat sevara jasmani dan Rohani
  5. Memiliki ijazah sarjana hukum dan lulusan jenjang strata dua kenotariatan
  6. Telah menjalani magang atau  bekerja sebagai karyawan Notaris dalam waktu 12 (dua belas) bulan berturut - turut pada kantor Notaris atas prakarsa sendiri atau atas rekomendasi Organisasi Notaris setelah lulus strata dua kenotariatan.
  7. Tidak berstatus sebagai pegawai negeri, pejabat negara, advokat, atau tidak sedang memangku jabatan lain alias merangkap jabatan.
  8. Sebelum diangkat menjadi Notaris wajib melaksanakan sumpah / janji menurut agama di hadapan menteri atau pejabat yang di tunjuk

Tugas dan Fungsi Notaris

Ada Banyak tugas dan fungsi notaris yang di sebutkan dalam peraturan perundangan yang bisa kita gunakan sebagai dasar ketika akan menggunakan jasa notaris. Tugas tersebut adalah :
  1. Mengesahkan tanda tangan dan menetapkan kepastian tanggal surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus.
  2. buat pembukuan surat-surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus.
  3. Membuat salinan dari asli surat-surat di bawah tangan berupa salinan yang memuat uraian sebagaimana tersirat dan tersurat. 
  4. Melakukan pengesahan kecocokan fotokopi dengan surat aslinya.
  5. Memberikan penyuluhan hukum sehubungan dengan pembuatan akta.
  6. Membuat akta yang berkaitan dengan pertanahan.
  7. Membuat akta risalah lelang.
  8. Membuat akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan dan/atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik, menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, menyimpan akta, memberikan grosse, salinan dan kutipan akta, semuanya itu sepanjang pembuatan akta-akta itu tidak juga ditugaskan atau dikecualikan kepada pejabat lain atau orang lain yang ditetapkan oleh undang-undang.

Kewajiban pejabat Notaris dalam menjalankan jabatan

Selain memiliki wewenang dalam membuat akte notaris yang otentik dan bernilai serta sangat berharga, Notaris memiliki kewajiban yang harus dijalankan sebagai bukti sumpah dan janji yang diucapkan sebelum diangkat menjadi Pejabat Notaris. 

  1. Bertindak Jujur dalam menjalankan tugas dan fungsinya, 
  2. Membuat akta dalam bentuk Minuta Akta dan menyimpannya sebagai bagian dari Protokol Notaris
  3. Mengeluarkan Grosse Akta, Salinan Akta, atau Kutipan Akta berdasarkan Minuta Akta
  4. Memberikan pelayanan sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang ini, kecuali ada alasan untuk menolaknya
  5. Merahasiakan segala sesuatu mengenai akta yang dibuatnya dan segala keterangan yang diperoleh guna pembuatan akta sesuai dengan sumpah/janji jabatan, kecuali undang-undang menentukan lain
  6. Menjilid akta yang dibuatnya dalam 1 (satu) bulan menjadi buku yang memuat tidak lebih dari 50 (lima puluh) akta, dan jika jumlah akta tidak dapat dimuat dalam satu buku, akta tersebut dapat dijilid menjadi lebih dari satu buku, dan mencatat jumlah Minuta Akta, bulan, dan tahun pembuatannya pada sampul setiap buku
  7. Membuat daftar dari akta protes terhadap tidak dibayar atau tidak diterimanya surat berharga
  8. Membuat daftar akta yang berkenaan dengan wasiat menurut urutan waktu pembuatan akta setiap bulan
  9. Mengirimkan daftar akta atau daftar nihil yang berkenaan dengan wasiat ke Daftar Pusat Wasiat Departemen yang tugas dan tanggung jawabnya di bidang kenotariatan dalam waktu 5 (lima) hari pada minggu pertama setiap bulan berikutnya
  10. Mencatat dalam repertorium tanggal pengiriman daftar wasiat pada setiap akhir bulan
  11. Mempunyai cap/stempel yang memuat lambang negara Republik Indonesia dan pada ruang yang melingkarinya dituliskan nama, jabatan, dan tempat kedudukan yang bersangkutan
  12. Menerima magang calon Notaris.
Baca juga : Notaris Terbaik di Indonesia

Larangan - larangan sebagai Notaris 

  1. menjalankan jabatan di luar wilayah jabatannya
  2. Meninggalkan wilayah jabatannya lebih dari 7 (tujuh) hari kerja berturut-turut tanpa alasan yang sah
  3. Merangkap Jabatan Baik sebagai Pegawai BUMN, PNS, atau Swasta 
  4. Merangkap sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah di luar wilayah jabatan Notaris
  5. Menjadi Notaris Pengganti atau melakukan pekerjaan lain yang bertentangan dengan norma agama, kesusilaan, atau kepatutan yang dapat mempengaruhi kehormatan dan martabat jabatan Notaris.
jadi cukup jelas ya untuk Menggunakan notaris jangan asal mendapat notaris murah. Karena tugas dan kewajiban pejabat hanya di perbolehkan dalam wilayah tertentu kita tidak boleh asal comot menggunakan notatis dari wilayah lain. Dalam bab IV pasal 18 Notaris hanya memiliki wewenang di kota kabupaten dan dalam provinsi tempat wilayah jabatan di daftarkan. 

Jadi jika ingin mendapat Notaris Murah tentu kita bisa mengambil Opsi Notaris dalam satu wilayah yang memang kita percaya dan memiliki keabsahan yang jelas. semoga artikel ini mampu memberikan gamabran tentang apa itu notaris dan fungsi serta wewenangnya.

Untuk tau prosedur pendaftaran menjadi notaris kalian bisa melihat di video di bawah ini :


2 Komentar untuk "Notaris menurut hukum dan fungsinya"

  1. Do this hack to drop 2 lbs of fat in 8 hours

    Over 160000 men and women are losing weight with a easy and secret "water hack" to burn 1-2lbs every night in their sleep.

    It is scientific and it works every time.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Go get a glass and fill it half full

    2) Now learn this awesome HACK

    you'll become 1-2lbs thinner as soon as tomorrow!

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel